0283 356787

DLH Gelar Focus Group Discussion Standar Pelayanan

Mendasari Peraturan Pemerintah Nomor  96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor  25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan mengacu pada Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan maka Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal pada hari Kamis tanggal 16 Juli 2020 telah menyelenggarakan  Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Standar Pelayanan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal. FGD yang berlangsung di Ruang Rapat DLH Kota Tegal menghadirkan beberapa perwakilan instansi terkait dan unsur masyarakat antara lain DPMPTSP, Disnakerin, DKP3, akademisi Universitas Panca Sakti, KSM, Pimpinan Daerah Aisyiyah, dan pelaku usaha di Kota Tegal.

Penyampaian kata sambutan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota TegalKepala DLH Kota Tegal Ir. R. Resti Drijo Prihanto, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai salah satu organisasi penyelenggara pelayanan publik, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal perlu menyusun standar pelayanan bagi produk-produk pelayanan yang ada.   Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang merupakan pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, pasti, dan akuntabel.
“Sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik  bahwa dalam penyusunan penetapan Standar Pelayanan Publik wajib mengikutsertakan masyarakat dan pihak-pihak terkait dengan tujuan untuk menyelaraskan kemampuan penyelenggara pelayanan dengan kebutuhan/ kepentingan masyarakat dan kondisi lingkungan, guna mengefektifkan penyelenggaraan pelayanan yang berkualitas. Tentunya komitmen dan konsistensi pelaksana merupakan kunci keberhasilan penyusunan dan pelaksanaan standar pelayanan dalam penyelenggaraan pelayanan publik” urainya
Beliau juga mengharapkan saran dan masukan agar pelaksanaan pelayanan publik di Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal semakin baik dan meningkat kualitasnya.

Beberapa rumusan Standar Pelayanan yang disampaikan pada acara tersebut di antaranya Rekomendasi Persetujuan UKL-UPL, Pendaftaran SPPL, Izin Pembuangan Air Limbah, Izin Penyimpanan LB3, Izin Usaha Pengelolaan Sampah, Pelayanan Laboratorium Lingkungan, Pelayanan IPLT, Pelayanan Pengaduan Sengketa Lingkungan.
Antusiasme peserta yang mengapresiasi pelaksanaan kegiatan cukup terlihat dengan beberapa pertanyaan dan masukan yang ditanggapi dengan baik oleh internal DLH.