0283 356787

Kegiatan Car Free Day Kota Tegal

Udara merupakan kebutuhan primer bagi umat manusia dan mahluk hidup lainnya di muka bumi. Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor  41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dikatakan bahwa Udara sebagai sumber daya alam yang mempengaruhi kehidupan manusia serta mahluk hidup lainnya harus dijaga dan dipelihara kelestarian fungsinya untuk pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan manusia serta perlindungan bagi mahluk hidup lainnya.

Agar udara dapat bermanfaat sebesar-besarnya bagi pelestarian lingkungan hidup, maka perlu dipelihara, dijaga dan dijamin mutunya melalui pengendalian pencemaran udara.

Salah satu upaya pengendalian pencemaran udara yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tegal adalah dengan melakukan beberapa kegiatan, antara lain hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day pada lokasi yang telah di tentukan yaitu alun-alun Kota Tegal. Dimulai dari jam 5.30 – 08.00 WIB, kegiatan Car Free Day dilakukan dengan melakukan penutupan jalan dan penjagaan oleh Tim yang terdiri dari Satlantas Polres Tegal Kota, Denpom Tegal, Dinas Perhubungan Kota Tegal, Satpol PP Kota Tegal, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal

Penutupan jalan menuju alun-alun sebagai kawasan Car Free Day tentunya akan mempunyai dampak terhadap pengurangan pencemaran udara, hal ini dengan berkurangnya kendaraan yang melintas, maka berkurang juga kadar Carbon Monoksida, Nitrogen Monoksida, debu, gas polutan, dan timbal yang berasal  dari asap kendaraan bermotor. Selain itu Pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day di Kota Tegal sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya antara lain :

1. Sarana Olahraga

Hari bebas kendaraan bermotor / Car Free Day di Kota Tegal digunakan sebagai sarana olahraga entah itu berlari, bersepeda, senam, sepatu roda atau skate board. Jalanan yang luas memudahkan para masyarakat untuk melakukan olahraga dengan nyaman tanpa takut ada kendaraan bermotor yang menganggu.

2. Sarana Rekreasi

Hari bebas kendaraan bermotor / Car Free Day tak hanya milik seorang diri saja tapi juga bisa dilakukan secara bersama-sama entah itu bersama teman-teman ataupun dengan keluarga. Sambil berolahraga, masyarakat pun bisa melihat-lihat pemandangan sekitar jalan. Selain itu juga merupakan ajang bersosialisasi yang efektif, masyarakat merasa senang karena mempunyai sarana umum yang memadai dan menjadi pusat perhatian masyarakat.

3. Ajang Pemotretan

Akhir – akhir ini dengan adanya Sign Name “Alun-Alun Kota Tegal” saat kegiatan hari bebas kendaraan / Car Free Day banyak pengunjung melakukan pemotretan dirinya sendiri (selfie) atau bersama-sama dengan temannya untuk menunjukkan eksistensinya di media sosial. Dan boleh dibilang pemotretan sudah tak asing lagi dilakukan.

4. Ajang Berjualan Pedagang Kecil

Saat beristirahat sehabis berolahraga biasanya masyarakat menikmati jajanan yang ada di sekitar alun-alun. Hal ini yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berjualan. Selain itu para pedagang juga menjual berbagai macam dagangan seperti mainan anak, baju, sepatu, dan aksesoris lainnya.

5. Permainan Hewan Peliharaan

Pemandangan lain yang cukup menarik yang ditemui saat Car Free Day adalah pameran dan permainan hewan peliharaan. Mereka yang mempunyai hewan peliharaan biasanya mengajak hewan kesayangannya sambil menemani mereka berolahraga. Hewan yang sering ditemui kebanyakan anjing baik yang berukuran mungil sampai yang besar bahkan cenderung agak menakutkan. Bagi komunitas reptil biasanya tampil dengan hewan unik seperti landak, ular, biawak, dan lainnya.

6. Ajang Promosi Perusahaan

Kegiatan lain saat Car Free Day adalah ajang promosi sekolah /perguruan tinggi bahkan tidak menutup kemungkinan juga sebuah perusahaan menjadikan Car Free Day sebagai sarana promo suatu produk yang akan diluncurkan. Entah dengan sekedar membagikan brosur atau memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang pentingnya produk tersebut agar masyarakat mengetahui dan tertarik untuk membeli produk tersebut.