0283 356787

AKSI CABUT PAKU DAN BERSIH SAMPAH DALAM RANGKA HARI ULANG TAHUN SAKA KALPATARU DAN SAKA WANABAKTI TAHUN 2018

Salam Pramuka !

Dalam rangka ulang tahun Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti yang ke – 5, tim Saka Kalpataru Kota Tegal mengadakan kegiatan bulan bakti yang diisi dengan beberapa kegiatan. Banyak cara dilakukan untuk menjaga kelestarian alam, kegiatan – kegiatan yang dilakukan yaitu cabut paku di pohon serta bersih sampah di sepanjang jalan Kapten Ismail Kota Tegal.

Aksi cabut paku dan bersih sampah diikuti oleh anggota Saka Kalpataru pada hari Minggu, 16 Desember 2018 sekitar pukul 08.00 WIB. Sebelum berangkat, peserta berkumpul di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal untuk briefing, pembagian kelompok dan peralatan.

Aksi cabut paku dilakukan bertujuan untuk menjaga kelestarian alam serta menghormati makhluk hidup lainnya. Selain itu aksi cabut paku diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak kembali memasang paku di pohon, juga menanamkan perilaku yang baik kepada para pelajar untuk peduli lingkungan sejak dini.

Berbagai ukuran dan jenis paku dikumpulkan, paku yang berhasil diperoleh sebanyak 0,5 kg dan sampah yang berserakan di jalan maupun di selokan sebanyak 50 kg.  Kegiatan ini sudah dilakukan secara berkala, dengan maksud agar masyarakat lebih mengerti dan tidak lagi memasang pamflet atau spanduk di badan pohon. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat mengajak seluruh masyarakat untuk sadar pada lingkungan sekitar terutama pohon di sepanjang jalan. Termasuk edukasi ke masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, karena akan mencemari lingkungan dan dapat menyebabkan resiko banjir dan menimbulkan penyakit.

Mari jaga alam dan lingkungan untuk bumi kita yang lebih baik, salam lestari !